Selasa, 02 Juli 2013

Masalah dan Solusi akibat adanya Penduduk , Masyarakat dan Kebudayaan

A.   PENDUDUK

       Dalam sub bab penduduk ini tentu kita mengerti apa definisi dari penduduk tersebut , Ya penduduk merupakan kumpulan dari individu-individu dan menetap dan tinggal disuatu daerah/wilayah tertentu. Di  kota-kota besar jumlah penduduk sudah terlalu padat dan membutuhkan solusi yang ampuh untu  mengatasinya .

       Berikut adalah masalah yang timbul akibat adanya penduduk yang melebihi rata-rata :

       1.   Gizi Buruk

 
             Banyak faktor dan penyebab mengapa gizi buruk bisa menghinggapi tubuh masyarakat di Indonesia salah satunya adalah karena masyarakat tidak memiliki pengetahuan yg cukup tentang seberapa  pentingnya menjaga kesehatan. Biasanya disebabkan kurangnya pasokan gizi pada saat ibu sedang mengandung ataupun padda saat anak mulai tumbuh .


        2.     Persaingan lapangan pekerjaan

                

sumber gambar : kbm-km.blogspot.com
              
                Persaingan lapangan pekerjaan ini di sebabkan oleh pertumbuhan penduduk di negara kita yang sangat tinggi dan rupanya pertumbuhan penduduk ini tidak sebanding dengan jumlah   lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah selama ini sehingga yang terjadi adalah bertambahnya jumlah pengangguran di Indonesia .


         3.    Meningkatnya jumlah kemiskinan


sumber gambar:baltyra.com

                Meningkatnya jumlah kemiskinan ini di sebabkan oleh kurang berkembangnya kreatifitas dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri hal tersebut bukan tanpa alasan karena untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri membutuhkan keterampilan dan keahlian  khusus yang mana untuk mendapatkan itu semua masyarakat membutuhkan sarana pendidikan , sedangkan di negeri kita ini sarana pendidikan masih belum dapat dirasakan semua rakyatnya  karena faktor kemiskinan .


         4.     Persaingan untuk mendapatkan pemukiman

                 Persaingan untuk mendapat permukiman yang layak ini biasa terjadi didaerah perkotaan yg padat, dan permasalahan seperti ini biasa terjadi karena perumahan yang tidak memadai dan kondisi  rumah yang sudah tak layak huni . Namun tidak semua masyarakat bersaing untuk mendapatkan pemukiman yang layak , nyatanya banyak juga masyarakat yang memilih tetap tinggal yang sudah bertahun-tahun menjadi tempat tinggalnya dengan alasan sudah terbiasa dan warisan dari nenek moyang sehingga mereka engga   untuk meninggalkannya 

                 Begitu banyak pula masyarakat yang memiliki keinginan besar untuk pindah dari tempat tinggalnya yang mereka anggap sudah tak layak namun mereka masih bingung untuk berpindah kemana sehingga mereka terpaksa menetap di rumah tersebut sambil menunggu pemerintah dapat  menciptakan rumah layak huni ubutuk mereka .

          5.    Rendahnya kesempatan pendidikan

                 Di negara kita ini memiliki tingkat kekahiran yang tinggi namun tidak didampingi dengan tingka  kematian , dengan demikian tentu semakin banyak fasilitas dan jumlah tenaga kerja guru yang   diperlukan, namun sebagai hasilnya tidak setiap anak memiliki kesempatan untuk bersekolah  dan mendapatkan pendidikan yang layak dan memadai.

          Diatas merupakan contoh atau dampak yang diakibatkan jumlah penduduk yang padat , namun 
disamping itu ternyata pemerintah pun tidak tinggal diam , pemerintah juga beberapa kali melakukan upaya untuk mengurangi kepadatan penduduk dan dampak yang diakibatkannya , yaitu dengan cara : 

           1.  Mengadakan program KB
          2.  Menekan tingginya tingkat transmigrasi dengan cara mengembalikan kembali para transmigran ke  
               kota asal mereka 
          3.  Pemecahan secara otoritatif
          4.  Pemecahan secara ilmiah
          5.  Pemecahan secara metafisik


B.    MASYARAKAT

       Masyarakat dan penduduk hampir memiliki kesamaan , yang berbeda hanyalah jika penduduk adalah individu-individu yang tinggal dan menetap dalam suatu daerah/wilayah lain halnya dengan masyarakat ,  masyarakat juga merupakan individu yang tinggal di suatu daerah namun mereka bukan hanya sekedar tinggal dan menetap namun mereka juga menciptakan suatu perkumpulan,aliran bahkan kebudayaan di daerah tersebut sehingga dengan demikian mereka memiliki visi dan misi yang sama 

       Namun masyarakat yang demikian juga memiliki beberapa permasalahan , diantranya :

       1.  Masyarakat yang memiliki aliran/perkumpulan/kebudayaan akan cenderung menganggap bahwa apa  yang dia geluti atau lakukan adalah  benar dan menganggap masyarakat yang tidak ikut serta didalamnya adalah salah , sehingga sering terjadi konflik antara penganut/aliran-aliran yang didalamnya terdapat beberapa masyarakat dan ini merupakan permasalahan yang harus segera diselesaikan .

        2.  Masyarakat yang mengaku sebagai fans fanatik seseorang atau dalam artian masyarakat ini membuat sebuah perkumpulan yang isinya yaitu membela apa yang dilakukan oleh seseorang tersebut 
meskipun apa yang dilakukan tersebut salah dimata orang lain yang tidak tergabung didalamnya . 


             Kita ambil contoh dalam pemiilihan Kepala Desa, suatu masyarakat mendukung Bpk.A untuk menjadi Kepala Desa namun disisi lain masyrakat yang lainnya mendukung Bpk,B untuk menjadi     Kepala Desa , dalam hal ini masyarakat yang mendukung Bpk.A akan melakukan apapun agar Bpk.A tersebut menjadi Kepala Desa begitu juga sebaliknya .

            Hal ini merupakan suatu masalah dalam masyarakat karena jika dibiarkan akan mendarah daging bagi generasi selanjutnya karena dari contoh diatas kita semua tau bahwa para pendukung atau fans   fanatik mungkin saja akan melakukan kecurangan dan jika dibiarkan akan bertambahnya jumlah    KKN karena apa yang mereka lakukan hanyalah untuk kepentingan anggota dan diri sendiri tanpa  mementingkan masyarakat umum .

C.    KEBUDAYAAN

        Jika tadi kita sudah membahas tentang individu dan masyarakat maka kali ini kita mebahas tentang kebudyaan . Kebudayaan lahir dari suatu individu yang memebentuk masyarakat dan dari situ dari suatu pemikiran lahirlah sebuah kebudayaan .

        Banyak kebudayaan yang lahir dan tumbuh di Indonesia diantaranya :

        1.   Sosial

              Dalam kebudayaan sosial ini berkaitan erat dengan ras dan suku yang ada di Indonesia dan begitu banyak suku di Indonesia yang telah tumbuh dan berkembang diantaranya :
           
              * Suku Batak di Sumatera 
              * Suku Dayak di Kalimantan 
              * Suku Betawi di Jawa
              * Suku Asmat di Papua
              * Dan masih banyak lagi suku-suku lain di Indonesia

              Suku-suku di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing termasuk tradisi sosialnya  namun suku-suku di Indonesia sudah tidak begitu terlihat seolah tenggelam oleh kemajuan teknologi  sehingga suku-suku dan pemaianannya sering dilupakan . 

        2.   Teknologi

               Kebudayaan teknologi yang dimaksud adalah kebudayaan masyarakat dalam menemukan beberapa hal penting sebagai penunjang hidup.Berikut macam-macam budaya teknologi

               1. Senjata

                   contoh kebudayaan teknologi :
                   Keris dari Jawa Tengah , Rencong dari Aceh dan Mandau dari Kalimantan dll

               2.  Pakaian
                   
                   Contoh kebudaayan pakaian :

                    Baju Bodo dari Sulawesi , Kebaya dari Jawa , Batik dan Songket dll

               3.  Rumah

                    Contoh : Rumah Joglo dari Jawa , Rumah Gadang dari Sumatera Barat dll

               4.   Kesenian

               Dalam kebudayaan kesenian terdiri dari Sastra/Bahasa,Lagu,Tarian,Alat Musik , Ya tentu kita  tau bahwa begitu banyak bahasa di Indonesia ini yaitu bahasa sunda ,bahasa jawa, bahasa madura dan masih banyak lagi , begitu juga dengan Lagu kita tau banyak lagu-lagu tradisional yang sering kita lupakan karena kalah populer dengan lagi pop jaman sekarang contohnya  aitu ampar-ampar pisang,cing cangkeling,suwe ora jamu dan lain lainnya .

                      Tarian dan alat musik di Indonesia juga tidak kalah banyak diantaranya Tari saman dari aceh ,tari kecak dari Bali , tari lulo dari sulteng dan masih banyak lagi . Alat musik tradisional  contohnya angklung,gamelan,sasando dan masih banyak lagi .

C.   HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU , MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN 




        Dari grafik diatas kita dapat mengetahui bahwa antara individu , masyarakat dan kebudayaan memiliki hubungan atau dapat diakatakan berkesinambungan karena masyrakat terbentuk karena ada beberapa individu yang berkumpul dan menciptakan perkumpulan sedangkan kebudayaan terbentuk atas dasar pemikiran dari masyrakat tersebut sehingga jika salah satu dari komponen diatas tidak ada maka tidak akan terbentuk suatu kebudayaan ataupun masyrakat .


Baiklah pada pembahasan tentang individu , masyarakat dan kebudayaan kali ini saya cukupkan dan saya memohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pengetikan karena sya masih dalam proses pembelajaran dan apabila ada kritik dan saran atas tulisan ini dapat berikan komentar dibawah 

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.
Black Moustache
 

Blog Template by YummyLolly.com